Pasien Covid-19 di Jambi Belum Ada yang Menggunakan Ventilator

Posted on
Avatar

Ini kabar baik bagi kita semua, dokter spesialis paru Jambi yang menangani pasien Covid-19 di RSU Raden Mattaher mengatakan, hingga saat ini belum ada pasien Covid-19 yang dirawat ketergantungan pernafasannya dengan ventilator. Seperti kita ketahui, saat pasien Covid-19 telah membutuhkan ventilator artinya pasien telah mengalami radang paru yang sudah meluas sehingga mengalami sesak nafas dan membutuhkan ventilator.

“Rata-rata pasien yang positif Covid di rumah sakit di Jambi mengalami gejala filek dan batuk, tidak ada yang menggunakan ventilator,” ujar Dr Ikalius.

Ventilator sendiri memiliki peran yang vital dalam penanganan pasien Covid-19, merupakan mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan seseorang. Melalui alat ini, pasien yang sulit bernapas sendiri akan dibantu untuk mendapatkan udara dan bernapas seperti orang normal.

Dr Ikalius juga menambahkan, masyarakat harus tetap semangat bersama-sama melawan penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi dengan tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan tetap menjaga jarak. “Untuk jarak, harus kita ketahui juga penyebaran virus covid dari orang yang batuk bisa mencapai dua meter, sementara yang bersin enam meter, jadi masker adalah hal penting untuk dipakai guna melindungi diri,” lanjutnya dalam diskusi online yang digelar JCCN. Ia juga menghimbau masyarakat, jika merasa memiliki gejala Covid-19, bisa juga memeriksa diri ke klinik Covid yang kini telah dibuka oleh RSU Raden Mattaher Jambi. (dpc)

Artikel Asli>

Jangan Lupa share